Senin, 19 September 2011

Serie A Pekan3 : Siena 0-1 Juventus

Juventus berhasil meneruskan tren positifnya di awal Seri A musim ini. Pada pertandingan kedua, penyerang Alessandro Matri mencetak gol yang menentukan kemenangan Juventus 1-0 atas Siena, pada laga Serie-A, di Artemio Franchi, Minggu (18/9/2011).

Bermain sebagai tamu, Juventus sempat kesulitan mengembangkan permainan. Juventus mengalami perbaikan performa, pada menit ke-15, tendangan keras jarak jauh Giaccherini masih mampu dihalau kiper Siena Zeljko Brkic.

Andrea Pirlo nyaris membawa Juve memimpin di menit ke-20. Tendangan keras pemain berdarah Italia itu dari luar kotak penalti hanya melintas di sisi gawang. Giorgio Chiellini juga punya peluang lima menit berselang. Namun, tendangan saltonya hanya melintas di atas mistar.

Beberapa kali skema serangan balik dari Siena berbuah peluang berbahaya di lini pertahanan Juve. Hingga pada menit 24’ Siena menciptakan satu peluang emas melalui Daniele Mannini, namun sepakan kerasnya mampu ditepis dengan baik oleh Gianluigi Buffon. Skor kacamata 0-0 bertahan hingga jeda.

Juve kembali memegang dominasi pada babak kedua dan langsung membuahkan hasil saat pertandingan babak kedua baru berjalan sembilan menit melalui gol yang dicetak oleh Alessandro Matri. Diawali pergerakan cantik Mirko Vucinic di dalam kotak penalti, bola kemudian diumpankan kepada Alessandro Matri yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan, Matri melesakkan bola ke pojok kanan gawang Siena.

Juve nyaris menggandakan keunggulannya di menit ke-63. sepakan keras Arturo Vidal dari jarak jauh masih mampu dihalau kiper Siena. Di menit ke-66, Juve kembali mendapatkan peluang. Kali ini melalui tendangan bebas Andrea Pirlo. Sayang, tembakan melengkung ke sudut kiri gawang Siena dengan sigap dihalau oleh Brkic.

Sementara itu, Siena terus berupaya memberikan tekanan berarti ke jantung pertahanan Juve. Untuk menambah daya dobrak, pelatih Siena Giuseppe Sannino melakukan dua pergantian sekaligus dengan menarik Mannini dan Gonzales dan memasukkan Paolo Grossi dan Marcelo Larrondo.

Masuknya Del Piero pada menit ke-76 untuk menggantikan Matri membuat serangan Juve kian bervariasi. Namun, dari sejumlah peluang yang tercipta skuad ‘Zebra Turin’ gagal mencetak gol tambahan.

Hingga pertandingan berakhir, keunggulan Juventus tetap tak berubah. Selama 90 menit, Siena menguasai bola sebanyak 39 persen dan menciptakan satu peluang emas dari dua usaha. Adapun Juventus melepaskan lima tembakan akurat dari sepuluh percobaan.

Susunan pemain :

SIENA : Brkic; Vitiello, Rossettini, Terzi, Del Grosso; Mannini (Larrondo 63), Gazzi (Vergassola 72), D'Agostino, Brienza; CalaiĆ², Gonzalez (Grossi 63).
Substitutes not used: Pegolo, Angelo, Contini, Bolzoni.
Pelatih : Sannino

JUVENTUS : Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Chiellini (Bonucci 57), Grosso; Marchisio, Pirlo; Pepe, Vucinic (Vidal 55), Matri (Del Piero 76), Giaccherini.
Substitutes not used: Storari, Krasic, Elia, Quagliarella.
Pelatih : Conte

Kartu Kuning : Del Grosso 34, Terzi 92
Wasit : Valeri from Roma