Minggu, 03 April 2011

Serie A pekan 31 : AS Roma 0-2 Juventus

Untuk keempat kalinya dalam empat musim terakhir, AS Roma gagal meraup poin penuh saat menjamu Juventus. Dalam partai di giornata 31 yang berlangsung di Olimpico Stadium, Minggu (3/4) malam waktu setempat atau Senin (4/4) dinihari WIB, taring Il Lupi atau Pasukan Serigala rontok di tangan La Vecchia Signora. Roma bertekuk lutut 0-2 (0-0). Dua gol kemenangan Bianconeri dicetak Milos Krasic di menit ke-59 dan Alessandro Matri di menit ke-74.

Sebelumnya, sejak Juve kembali berkecimpung di Serie A—seperti diketahui Juve dilengserkan ke Serie B di musim 2006-07—Roma hanya mampu menuai satu poin hasil bermain imbang 2-2 di musim 2007-08. Dalam dua musim berikutnya, Juve selalu unggul di Olimpico, menang 4-1 di musim 2008-09 dan unggul 2-1 di musim 2009-2010.

Tampil di hadapan publik sendiri Roma langsung melancarkan serangan berbahaya. Roma membuka peluang di menit 10 melalui aksi Vucinic, sayang usahanya masih mentah dan hanya menghasilkan sepak pojok. Tak lama berselang, kiper Juve, Storari kembali dipaksa menghadang teror kubu tuan rumah. Beruntung Totti tidak bisa menguasai bola secara sempurna hingga bola mendekati jangkauan Storari.

Tendangan voli Vucinic di menit 31 nyaris merobek jala Juve, beruntung Storari melakukan penyelamatan gemilang. Sebelum babak pertama usai, tercatat dua kali Roma kembali menciptakan peluang berbahaya.Beruntung bagi Juventus, tak satu pun serbuan Roma berbuah gol.

Di babak kedua, Totti dkk tetap memegang irama pertandingan. Akan tetapi, di sela-sela upaya menekan pertahanan tim tamu, Roma justru kecolongan di menit ke-59. Akselerasi Fabio Grosso di sisi kanan lini pertahanan gagal dihalau Nicolas Burdisso. Dengan cerdik Grosso menyodorkan umpan lambung ke tengah kotak penalti yang langsung disambar Milos Krasic lewat tembakan first-time-nya yang menghujam sudut kanan gawang Alexander Doni. 1-0 untuk Juve.

Gol tersebut kian memantapkan kepercayaan diri Claudio Marchisio dkk. Sebaliknya, Roma mulai goyah. Lima menit berlalu, Juve nyaris mencetak gol kedua andai Simone Pepe lebih tenang dalam melepaskan tendangan saat berhadapan dengan kiper Doni. Gempuran Roma kian menjadi-jadi. Di menit ke-72, Giallorossi mendapat peluang emas ketika tendangan keras Jeremy Menez hanya membentur mistar. Beberapa detik kemudian, lewat serangan balik, Krasic kembali mengancam. Namun, kali ini Doni berhasil menggagalkannya.

Tertinggal membuat Vincenzo Montella memainkan kartu trufnya yang terakhir, Mario Balotelli dan Rodrigo Taddei. Pergantian yang justru berdampak negatif. Hanya dalam hitungan menit, Juve memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat sepakan Matri. Gol ini tak lepas dari kecerdikan Grosso yang melontarkan umpan lambung ke jantung pertahanan Roma. Lolos dari jebakan off-side, dalam posisi satu lawan satu, Matri tak kesulitan mengelabui Doni. Tekanan Roma gagal membuahkan hasil sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan pemain:

ROMA : Doni, Juan, Philippe Mexes (Marco Cassetti 51), John Arne Riise, Nicolas Burdisso; Daniele De Rossi, David Pizarro, Mirko Vucinic (Marco Borriello 74), Jeremy Menez; Francesco Totti, Simone Perrotta (Rodrigo Taddei 74)

JUVENTUS : Marco Storari, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Fabio Grosso (Frederik Sorensen 82), Marco Motta (Zdenek Grygera 45), Felipe Melo, Claudio Marchisio, Alberto Aquilani; Simone Pepe, Alessandro Matri, Milos Krasic (Hasan Salihamidzic 86)

Wasit : Rocchi from Firenze.

Kartu Kuning : Grosso 24’, Pizarro 31, Marchisio 65’.