Kamis, 03 Mei 2012

Serie A Pekan 36 : Juventus 1-1 Lecce

Juventus harus puas menerima hasil imbang 1-1 saat menjamu Lecce dalam lanjutan Serie A pekan ke-36 di Juventus Stadion, Kamis (3/5) dinihari WIB. Sebuah blunder dari kiper Gianluigi Buffon pada lima menit sebelum laga usai, mengagalkan kemenangan Juventus. Dengan hasil seri ini, Juventus gagal menjaga jarak dari Milan yang mengintai di posisi kedua.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Juventus langsung tampil menekan sejak menit awal pertandingan. Namun pada menit ke- 6, Paolo De Ceglie mengalami cidera dan harus digantikan oleh Martin Caceres. Saat laga berjalan sembilan menit, Bianconeri membuka keunggulan. Umpan Andrea Pirlo ke dalam kotak penalti diselesaikan oleh Claudio Marchisio. Sundulannya yang mengarah ke pojok gawang tak mampu dijangkau oleh Massimiliano Bernassi.

Kebobolan satu gol, Lecce langsung bereaksi lewat serangan balik. Namun serangan Lecce berhasil dipatahkan oleh Andrea Barzagli. Peluang lain Lecce lewat sepak pojok juga masih mampu dihalau oleh barisan belakang Juve.

Unggul satu gol tak membuat Juve mengendurkan serangan. Menit ke- 19, Juventus nyaris menggandakan keunggulan melalui sepakan Mirko Vucinic. Namun sepakan mantan striker AS Roma tersebut bisa bisa diblok Benassi.

Pada menit ke- 23, sepak pojok dari Pirlo tak mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Giorgio Chiellini. Bola hanya melayang diatas gawang Lecce. Di menit ke-28 Arturo Vidal nyaris menggandakan keunggulan timnya, andai sepakan kaki kirinya yang memanfaatkan umpan manis Marchisio tak melenceng tipis di sebelah kiri gawang Benassi.

Tak lama berselang Pirlo kembali menebar ancaman untuk barisan belakang Lecce. Umpannya kali ini menemui Marchisio. Tapi tembakannya ke tiang jauh masih mampu ditepis oleh Benassi. Walau terus menekan Juventus tak mendapatkan tambahan gol hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Juventus terus meningkatkan serangan. Namun solidnya barisan pertahanan tamu menggagalkan sejumlah peluang emas La Vechia Signora. Di menit 54, tamu harus bermain dengan 10 pemain setelah Juan G Cuadrado diusir wasit karena mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran pada Martin Caceres.

Juve nyaris menambah keunggulan lewat Quagliarella di menit ke-65. Tapi tendangan volinya masih melambung di atas mistar gawang Lecce. Benassi kembali melakukan penyelamatan gemilang di ment ke-68. Tembakan jarak jauh Fabio Quagliarella mampu ditepisnya dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Juve.

Di menit ke-84, kesalahan Gianluigi Buffon dalam menguasai bola hasil back-pass dari Andrea Barzagli berhasil dimanfaatkan oleh Andrea Bertolacic. Bola pun dikuasai oleh Bertolacci yang tanpa kesulitan membobol gawang Juve yang sudah kosong itu. Terkejut dengan gol Lecce, Juventus coba menekan di sisa akhir laga.

Namun upaya mereka gagal membuahkan gol sehingga harus puas berbagi angka 1-1 dengan Lecce. Hasil imbang ini memutus delapan kemenangan beruntun Juventus, meski mereka belum terkalahkan musim ini. Jarak dengan Milan terpangkas menjadi satu poin.

Secara statistik Juve memang lebih dominan dalam laga ini, tercatat mereka mampu menguasai jalannya pertandingan sebanyak 55 %, melepaskan 18 kali tembakan dan 8 kali diantaranya mengarah ke gawang. Sedangkan, Lecce memiliki penguasaan bola sebanyak 45%, dan hanya melepaskan 1 kali tembakan yang sekligus menjadi gol.

Susunan Pemain :

JUVENTUS : Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Marchisio, De Ceglie (Caceres 6); Vucinic (Del Piero 77), Quagliarella (Matri 72).
Manager: Conte

LECCE : Benassi; Carrozzieri, Miglionico, Tomovic; Cuadrado, Blasi, Obodo (Bertolacci 71), Delvecchio, Brivio; Seferovic (Muriel 50), Di Michele (Giacomazzi 61).
Manager: Cosmi

Wasit : Valeri
Kartu Kuning : Cuadrado 20, Carrozzieri 45, Obodo 50, Cuadrado 54, Bonucci 65, Muriel 83, Delvecchio 83
Kartu Merah : Cuadrado 54