Senin, 21 Mei 2012

Final Coppa Italia : Kekalahan Pertama Pada Pertandingan Terakhir Musim 2011-2012

Ambisi Juventus untuk meraih piala Italia atau gelar keduanya tahun ini pupus sudah setelah dikalahkan Napoli pada final Coppa Italia yang dihelat di Stadion Olimpico, roma, Senin (21/5/2012) dinihari WIB.

Antonio conte memakai pola 3-5-2 meski Giorgio Chiellini dan Paolo De Ceglie absen akibat cedera. Marco Storari, yang selalu tampil di Coppa Italia, kembali dipercaya untuk mengawal mistar Juventus. Sementara itu Napoli tetap mengandalkan trisula mautnya, Ezequiel Lavezzi, Marek Hamsik dan Edinson Cavani diharapkan bisa untuk menggedor pertahanan Juventus

Di awal-awal pertandingan, Napoli langsung mengambil inisiatif serangan dan sudah mendapat peluang emas di menit ke- 3. Umpan silang Campagnaro ke tiang jauh disambut sundulan Zuniga. Namun kiper Juventus, Storari, masih sigap menepis bola tersebut.

Napoli kembali mengancam pertahanan Juve. Lewat sebuah serangan balik, Lavezzi mengirim umpan pada Cavani yang cukup bebas. Tapi hakim garis terlebih dulu mengangkat bendera karena Cavani terperangkap offside.

Juventus baru bisa mengancam gawang Napoli di menit ke-18 melalui Claudio Marchisio. Gelandang internasional Italia itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun De Sanctis masih mampu membaca arah bola dan menepisnya.

Tujuh menit kemudian, Juve mendapat tendangan bebas setelah Pirlo dijatuhkan oleh Aronica. Tapi eksekusi Del Piero masih membentur pagar betis Napoli dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Menit ke-39, giliran Borriello yang mengancam gawang Napoli. Sepakan jarak jauhnya dari sisi kiri kotak penalti masih melebar di sisi kanan gawang De Sanctis.

Tiga menit kemudian, Juve kembali mengancam pertahanan Napoli. Del Piero sukses mengirim bola ke Marchisio yang ada di dalam kotak penalti. Tapi sepakan Marchisio masih terlalu lemah dan mampu diamankan oleh De Sanctis. Jelang turun minum, Juve mendapat tendangan bebas setelah Del Piero dijatuhkan. Eksekusi Del Piero masih mampu ditepis oleh De Sanctis.

Juventus sebenarnya berpeluang mendapatkan satu penalti ketika Aronica mencegah Marchisio melepaskan tembakan di dalam area terlarang. Tayangan ulang menunjukkan adanya sedikit pelanggaran, dan Napoli beruntung bisa lolos dari hukuman penalti.

Juventus berulang kali mengancam gawang Napoli namun mereka tak bisa membobol gawang I Partenopei lantaran kecemerlangan De Sanctis. Begitu pula dengan Napoli yang juga gagal memaksimalkan sejumlah peluang, hingga pada akhirnya babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Pertarungan keras terjadi di lini tengah. Napoli sendiri memegang 52 persen penguasaan bola di paruh waktu awal. Namun Juventus unggul tembakan ke gawang 3-1.

Usa jeda, Napoli kembali mengambil inisiatif serangan dan kembali menghadirkan ancaman bagi pertahanan Juve. Pergerakan Dzemaili dari sisi kiri berhasil menembus pertahanan Juve. Namun umpan Dzemaili tak mampu dijangkau Cavani dan bola hanya meluncur di depan gawang Juve.

Napoli mendapat hadiah penalti di menit ke-62 ketika Lavezzi dijatuhkan Storari di kotak penalti. Cavani yang maju sebagai eksekutor dengan dingin menaklukkan Storari sekaligus memberikan keunggulan bagi Napoli.

Tertinggal satu gol, Juventus terus menggempur pertahanan Napoli demi mencetak gol penyeimbang, sebaliknya tim lawan merapatkan barisan belakang sehingga hanya menyisakan Cavani di depan. Pemain Juventus semakin bernafsu menyerang dan menciptakan beberapa peluang yang membuat kiper Morgan De Sanctis harus bekerja keras.

Sepakan keras Marchisio yang sudah berdiri bebas di sisi kanan kotak penalti Napoli setelah menerima umpan dari Pirlo masih belum menemui sasaran. Tendangan voli dari Bonucci di pojok kanan gawang Napoli masih mampu dibaca De Sanctis. Sebuah peluang emas bagi Juve kembali tercipta melalui sebuah tembakan Pepe dari dalam kotak penalti tetapi masih membentur Aronica dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Juve.

Upaya Juventus untuk menyamakan kedudukan mendapatkan pukulan telak setelah Napoli mencetak gol kedua lewat serangan balik. Goran Pandev yang mencuri bola dari pemain Juventus, sukses memberikan umpan kepada Marek Hamsik dan berhasil dikonversi menjadi gol oleh gelandang asal Slovakia itu. Derita Juve makin bertambah setelah mereka harus bermain dengan 10 pemain setelah Fabio Quagliarella dikartu merah oleh wasit lantaran menyikut wajah Aronica.

Hingga wasit meniup peluit akhir, Juventus tidak mampu mengejar ketinggalan sehingga Napoli berhak menyabet trofi Coppa Italia. Hasil ini tidak hanya membuat Bianconeri gagal mengangkat trofi kedua musim ini, Napoli menjadi tim pertama yang mampu mengalahkan tim besutan Antonio Conte, yang belum terkalahkan sepanjang musim ini.
Hasil ini juga menjadi perpisahan yang cukup menyedihkan bagi legenda hidup Alessandro Del Piero. Karena pertandingan final Coppa Italia ini mungkin akan menjadi laga terakhir bagi sang kapten dengan kostum Hitam Putih.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Storari; Barzagli, Bonucci, Caceres; Lichtsteiner (Pepe 68), Vidal, Pirlo, Marchisio, Estigarribia; Del Piero (Vucinic 68), Borriello (Quagliarella 73)
Manager: Conte

NAPOLI: De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica; Maggio, Inler, Dzemaili, Hamsik (Dossena 85), Zuniga; Lavezzi (Pandev 72), Cavani (Britos 88)
Manager: Mazzarri
Wasit: Brighi
Kartu Kuning: Marchisio 40, Dzemaili 54, Cannavaro 55, Borriello 63, De Sanctis 80
Kartu Merah: Quagliarella 90