Minggu, 26 Februari 2012

Serie A Pekan 25 : AC Milan 1-1 Juventus

Juventus membawa pulang satu poin saat bertandang ke markas AC Milan di San Siro, dalam lanjutan pertandingan Serie A , Minggu (26/2) dinihari WIB. Tampil di depan pendukungnya sendir , Milan mendominasi permainan pada babak pertama. Unggul terlebih dulu melalui gol Antonio Nocerino, kemenangan Milan buyar di menit 83 setelah Alessandro Matri menyamakan kedudukan. Dalam pertandingan ini juga diwarnai sejumlah keputusan wasit Paolo Tagliavento setelah menganulir dua gol bersih dari Juventus maupun Milan.

Saat memasuki menit ke 15, bek Juventus melakukan kesalahan saat mengoper bola. Robinho yang mendapatkan bola, memberikan umpan kepada Nocerino yang langsung melepaskan tendangan kerasnya yang sempat membentur kaki Leonardo Bonucci hingga mengubah arah bola. Buffon pun terkecoh, hingga membuat Milan unggul 1-0 untuk sementara.

Pada menit ke-25, Milan mempunyai dua pelung beruntun dari tendangan sudut, yang pertama saat tandukan Mexes dihalau Buffon tepat di garis gawang dan bola rebound kembali ditanduk Muntari tetapi Buffon kembali bisa menghalau bola.

Hal ini menjadi kontroversi karena pemain Milan menganggap bola sudah melewati garis gawang, dan dari tayangan lambat juga mengonfirmasi hal tersebut. Tapi keputusan wasit berkata lain dan menganggap bola belum melewati garis gawang.

Permainan pun berjalan, Buffon yang telah menguasai bola langsung mengirim bola ke Estigarribia yang langsung melakukan serangan balik dan menghempaskan tendangan keras, tapi masih mampu ditepis Cristian Abbiati. Lima menit kemudian, gilliran Pirlo melepaskan tendangan jarak jauh. Namun, Abbiati masih mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Pada menit ke-42, tembakan dari Mark van Bommel membuat fans Milan hampir bersorak sorai. Namun, bola yang sudah tak bisa dijangkau oleh Buffon masih melebar tipis di sisi kiri gawang Juventus. Menjelang pertandingan babak pertama usai, Arturo Vidal melepaskan tendangan keras, tapi sayang masih melebar. Hingga babak pertama usai, tak ada lagi gol yang tercipta sehingga keunggulan satu gol Milan tetap bertahan.

Di babak kedua, Juventus lebih mendominasi laga. Nyonya Tua kembali mendapatkan peluang di menit ke 68. Chiellini melepas umpan mendatar ke kotak penalti Milan, Fabio Quagliarella berhasil menyambar bola mendahului Thiago Silva, tapi bola terhalau badan Abbiati yang berada di posisi yang tepat.

Juventus mendapatkan tendangan bebas di menit ke 71. Pirlo sang eksekutor memberi umpan pendek ke Vidal. Tapi tendangan pemain asal Chile tersebut masih melayang tinggi diatas gawang Milan.

Pada menit 79, wasit kembali mengeluarkan keputusan kontroversial setelah menganulir gol bersih Alessandro Matri karena dianggap berada dalam posisi offside. Dari tayangan ulang, sangat jelas terlihat Matri berada dalam posisi onside saat menerima bola sebelum menceploskannya ke gawang Milan.

Juventus akhirnya bias mencetak gol penyeimbang pada menit ke-83. Alessandro Matri berhasil menjebol gawang Milan setelah menyambar umpan silang Simone Pepe dengan tembakan keras setengah voli kendati ditempel Thiago Silva.. Bola yang meluncur deras tak mampu dihalau oleh Abbiati.

Milan mendapat keuntungan setelah pada menit ke-88 Juventus harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Arturo Vidal mendapat kartu merah karena melanggar Van Bommel. Peluang emas dari Milan tercipta di masa injury, ketika Massimo Ambrosini memberikan umpan ke area terlarang, tapi Muntari gagal menjangkau bola dan Buffon mudah saja mengamankan gawang.

Saat peluit tanda pertandingan berakhir dibunyikan skor 1-1 tetap bertahan. Dengan hasil ini Milan tetap memegang capolista, mengoleksi 51 poin, unggul satu angka dari Bianconeri. Tapi Juventus masih memegang keunggulan satu laga sekaligus menjaga rekor tak terkalahkan mereka musim ini.

Susunan Pemain:

MILAN: Abbiati; Abate, Mexes, Thiago Silva, Antonini; Nocerino, Van Bommel, Muntari; Emanuelson (Ambrosini 72); Pato (El Shaarawy 46), Robinho
Pelatih: Allegri

JUVENTUS: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Marchisio, Estigarribia (Pepe 46); Quagliarella (Matri 69), Borriello (Vucinic 54).
Pelatih: Conte

Wasit: Tagliavento
Kartu Kuning: Thiago Silva 36, Barzagli 41, Mexes 80, Muntari 81, Matri 84, Pepe 91
Kartu Merah: Vidal 89