Minggu, 19 Februari 2012

Serie A pekan 24 : Juventus 3-1 Catania

Juventus kembali memuncaki klasemen Serie A Italia setelah menang secara meyakinkan atas Catania dengan skor 3-1 dalam lanjutan Serie A di Juventus Stadium, Minggu (19/2). Tampil di hadapan publiknya sendiri, Juventus tampil menyerang.

Juventus langsung mengancam di menit-menit awal babak pertama. Menit ke-2, mereka nyaris unggul melalui sundulan yang dilepaskan Marchisio. Sayang, sundulannya masih melebar. Namun justru para pendukung tuan rumah dikejutkan oleh gol dari tim tamu pada menit ke- 4. Sepakan Pablo Barrientos dari luar kotak penalti mengalir deras ke pojok kanan gawang dan tak mampu dijangkau oleh Gianluigi Buffon.

Menit ke-18, Juventus hampir menyamakan kedudukan ketika tendangan Borrielo memanfaatkan sepak pojok masih bisa dihalau di garis gawang oleh Izco. Tak lama berselang Juve mendapatkan tendangan bebas, setelah Pirlo dijatuhkan di depan kotak terlarang oleh Gonzalo Bergessio. Sebuah tendangan bebas yang cantik dari Pirlo pada menit ke-22 sukses menjadi gol penyeimbang sekaligus menjadi gol perdananya musim ini.

Setelah gol penyeimbang dari Pirlo, Juventus dua kali Bianconeri menciptakan peluang. Satu dari tendangan keras Pirlo yang masih mampu ditepis dan sebuah upaya Fabio Quagliarella dari luar kotak penalti yang hanya mengenai mistar gawang Catania. Begitu juga dengan Catania lewat sepakan Gonzalo Bergessio di menit ke 32 melalui sebuah skema serangan balik. Umpan satu dua antara Lod dan Bergessio diakhiri dengan tendangan ke arah gawang. Namun tendangan keras Bergessio masih mampu ditepis Buffon dan mengenai mistar gawang. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-1 bagi kedua tim tetap bertahan.

Di babak kedua, Juventus masih memegang kendali permainan dan mengurung habis pertahanan Catania. Sebuah tendangan bebas Pirlo tiga menit setelah paruh kedua dimuai masih melayang tipis di atas mistar gawang Catania. Begitu juga dengan Catania yang sempat membahayakan gawang Juventus melalui sepakan Sergio Almiron.
Menit ke 52 sepakan Quagliarella dari jarak dekat menyambut umpan Emanuele Giaccherini masih berhasil diblok.

Pirlo sekali lagi mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun bola masih mampu diselamatkan Kosicky.

Petaka bagi Catania terjadi di menit 65 tatkala bek Marco Motta harus meninggalkan lapangan lantaran menerima kartu kuning kedua usai melanggar De Ceglie. Tapi tak lama berselang justru Catania yang berpeluang unggul andai sepakan Sergio Almiron dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan kelengahan barisan belakang Juve tidak mampu diselamatkan Buffon.

Menit ke-71 Juve mendapatkan peluang emas. Melalui kaki Marchisio yang memanfaatkan umpan lambung dari Pirlo. Tapi sayang, tendangannya masih terlalu lemah. Juve akhirnya berbalik unggul di menit 74. Memanfaatkan tendangan bebas Pirlo, Giorgio Chiellini sukses membobol gawang Kosicky melalui tandukannya dan membawa Juventus kembali memimpin.

Empat menit berselang, gol ketiga nyaris tercipta ketika aksi Vucinic di sisi kiri Catania mampu mengecoh satu pemain bertahan dan merangsek ke kotak penalti. Sayang, tendangan Vucinic masih terlalu lemah dan mengarah ke pelukan Kosicky.

Keunggulan Juventus diperbesar oleh Fabio Quagliarella pada menit ke-81. Berawal dari kesalahan Kosicky dalam menendang bola, jatuh di kaki Pirlo yang segera meneruskannya dengan umpan terobosan kepada Quagliarella yang cukup bebas kemudian melepaskan sepakan keras ke arah gawang. Meski sempat membentur Kosicky, namun bola tetap meluncur ke dalam gawang.

Skor 3-1 bertahan hingga pertandingan usai. Dengan kemenangan ini, Juventus masih menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di pentas Serie A.

Susunan Pemain:

JUVENTUS: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Giaccherini, Padoin (Pepe 61) , Pirlo, Marchisio, De Ceglie (Vucinic 67); Quagliarella, Borriello (Lichtsteiner 76)
Pelatih: Conte

CATANIA: Kosicky; Motta, Bellusci, Legrottaglie, Marchese; Izco, Lodi (Spolli 60), Almiron; Gomez (Seymour 70), Bergessio, Barrientos (Biagianti 49)
Pelatih: Montella

Wasit: Brighi
Kartu Kuning: Motta 51, Marchisio 61, Motta 65, Almiron 67, Vucinic 78
Kartu Merah: Motta 65