Kamis, 09 Februari 2012

Coppa Italia : Milan 1-2 Juventus

Juventus berhasil mengalahkan AC Milan pada leg pertama semi-final Coppa Italia di San Siro, Kamis (9/2) dinihari WIB. Dua gol kemenangan Juve dicetak pemain baru mereka Martin Caceres, sedangkan satu gol Milan dicetak Stephan El Shaarawy. Dalam pertandingan kali ini, kedua tim sama-sama menampilkan beberapa pemain lapis keduanya.

Mendapart dukungan ribuan tifosinya, Milan mendominasi jalannya pertandingan hingga sepuluh menit. Namun selepas itu, Juve sedikit demi sedikit keluar dari tekanan dan mengimbangi permainan.

Pada saat pertandingan menginjak menit ke-17, Milan memiliki peluang emas melalui Zlatan Imbrahimovic. Namun sepakan keras dari luar kotak penalti pemain yang pernah berseragam Juventus tersebut masih mampu ditepis kiper Juve Marco Storari.

Giliran Juventus mendapatkan peluang melalui Marcelo Estigarribia pada menit ke-29. Tetapi, tendangan kaki kiri pemain asal Paraguay itu dari luar kotak penalti masih melebar di samping gawang yang dikawal Marco Amelia.

Marcelo Estigambia kembali mendapatkan peluang dan nyaris membawa Juventus unggul di menit ke-31. Berawal dari sebuah serangan balik, Pirlo mengirim umpan ke sisi kanan. Estigambia kemudian menyisir dan melepas tembakan keras. Tapi, arahnya masih melebar.

Emanuele Giaccherini kemudian mencoba peruntungannya pada menit ke-33. Ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, yang kemudian membentur kaki bek Milan. Bola kemudian mengarah tepat ke gawang Milan, sebelum akhirnya Amelia bereaksi untuk menepisnya.

Di babak pertama, Juventus sendikit lebih dominan dibanding tuan rumah. Meski begitu, jual beli serangan tetap ditampilkan kedua kubu. Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta.

Baru lima menit laga babak kedua bergulir, Del Piero langsung mengancam gawang Milan. Sukses merebut bola dari Ambrosini, Del Piero kemudian melepaskan tendangan voli yang arahnya masih sedikit menyamping dari sisi kanan gawang Milan.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-53 berkat gol Martin Caceres. Marco Borriello yang mendapat kawalan ketat dari pemain Milan berhasil melepaskan tendangan yang masih bisa ditepis kiper Marco Amelia. Beruntung Martin Caceres berada dalam posisi tepat untuk menyambar bola muntahan itu sekaligus membawa pasukan Antonio Conte unggul.

Milan langsung berusaha membalas. Zlatan Ibrahimovic mendapatkan kesempatan melalui sebuah tendangan bebas di menit ke-54. Tetapi, Marco Storari masih bisa menepisnya.

Setelah itu Milan lebih agresif menekan dan hal itu membuahkan hasil di menit ke-62. Berawal umpan silang Luca Antonini dibelokkan oleh Massimo Ambrosini dengan sebuah sundulan tepat di depan gawang Juve. El Sharaawy yang berada di arah jatuhnya bola langsung menyambarnya dengan sepakan kaki kanan dan berhasil menyamakan skor menjadi 1-1.

Pada menit ke-70 Milan kembali mencetak gol tetapi wasit menganulir gol tersebut karena tangan Zlatan Ibrahimovic telah menyentuh bola sebelum bola merangsek ke dalam gawang Juve.

Akhirnya Juve berhasil memperbesar keunggulannya pada menit ke- 83. Lagi-lagi melalui Martin Caceres. Berawal dari umpan Giaccherini, yang lolos perangkap offside di sisi kiri, Caceres dengan tenang menjebol gawang Milan. Hingga pertandingan usai, skor 2-1 bagi kemenangan Juve tetap bertahan. Pertandingan semi-final Coppa Italia leg kedua akan digelar di Stadion Juventus Arena pada 21 Maret mendatang.

Susunan Pemain :

MILAN: Amelia; Bonera, Mexes, Thiago Silva, Antonini; Emanuelson (Robinho 61), Van Bommel (Maxi Lopez 85), Ambrosini; Seedorf; Ibrahimovic, El Shaarawy.
Pelatih:: Allegri.

JUVENTUS: Storari; Barzagli Bonucci, Chiellini; Caceres, Padoin (Marrone 69), Pirlo, Giaccherini, Estigarribia; Del Piero (Quagliarella 67), Borriello (Vucinic 67).
Pelatih: Conte.

Wasit: Mazzoleni
Kartu Kuning: Ambrosini 43, Mexes 47, Quagliarella 73