Kamis, 16 Februari 2012

Serie A Pekan 21 (Jadwal Ulang) : Parma 0-0 Juventus

Juventus gagal mengambil alih puncak klasemen Serie A setelah ditahan imbang tuan rumah Parma tanpa gol di di Stadio Ennio Tardini, Kamis (16/2) dinihari WIB. Pertandingan ini merupakan partai tunda kompetisi Serie A di pekan ke-21 karena pada waktu itu kondisi lapangan dilapisi salju. Juventus yang berambisi merebut puncak klasemen Serie A dari AC Milan lebih tampil agresif sejak awal pertandingan.

Laga berlangsung sengit karena kedua tim sama-sama bermain terbuka untuk mencoba menembus pertahanan lawan . Parma mengancam lebih dulu lewat aksi Stefano Morrone pada menit kedua, namun bola tembakannya berhasil dipatahkan oleh Gianluigi Buffon.

Tak lama berselang kemudian pada menit ke- 4, Juventus menciptakan peluang emas lewat tandukan bek Giorgio Chiellini yang memanfaatkan umpan silang Andrea Pirlo. Namun sayang bola hanya membentur tiang gawang Parma yang dikawal kiper Nicola Pavarini. Juventus kembali menebar ancamannya pada menit ke-9, melalui Mirko Vucinic, namun, bola tembakan Vucinic masih mampu dimentahkan oleh Pavarini.

Juve kembali mendapatkan peluang lewat tandukan Alessandro Matri di menit 19. Namun kali ini giliran kiper Pavarini yang tampil gesit menghalau bola. Tendangan bebas yang dilakukan oleh Andrea Pirlo pada menit 21 nyaris membobol gawang Parma namun arah bola masih melenceng tipis di sebelah kanan gawang.

Juventus semakin menunjukan dominasinya atas Parma dengan kembali mendapatkan peluang pada menit ke-26, melalui aksi Vucininc yang berhasil mengelabui Ferrario sebelum akhirnya melepaskan tendangan ke arah gawang. Sayang, tendangannya masih tinggi di atas mistar.

Tiga menit berselang, kembali Vucinic beraksi. Menerima umpan Pirlo, pemain Montenegro itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, kali ini tendangannya masih bisa diamankan oleh kiper Parma, Pavarini. Skor di babak pertama tetap 0-0.

Juventus masih mendominasi permainan di 45 menit kedua ini. Penguasaan bola Claudio Marchisio cs masih lebih unggul dibandingkan Parma. Namun, kendati demikian, Si Nyonya Tua seperti kesulitan menembus pertahanan tim asuhan Roberto Donadoni ini. Memasuki babak kedua, Parma mendapat peluang pertama untuk mencetak gol. Umpan terobosan Morrone disambut dengan tendangan keras Giovinco dari sisi kiri gawang tapi masih melenceng dari gawang Buffon.

Menit ke-62, umpan panjang ke kotak penalti Parma berhasil dikejar oleh Giaccherini yang baru masuk menggantikan Estigarribia. Diapit dua pemain belakang Parma, dia terjatuh di dalam kotak. Namun wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran. Umpan silang Pirlo kepada Vucinic di menit ke-64 belum mampu merobek jala Parma karena tandukannya masih melebar.

Dua menit kemudian, ganti Giovinco yang mengancam gawang Juventus. Menguasai bola dari umpan terobosan McDonald Mariga, Akselerasinya berhasil melewati Bonucci dan Chiellini, serta berhasil mengecoh Buffon. Tapi tendangannya dari sudut sangat sempit masih membentur bek Juventus yang lain.

Beberapa peluang bagus didapat Juventus di 10 menit terakhir. Tendangan jarak jauh Pirlo di menit ke-81 masih mampu ditepis Pavarini. Satu menit kemudian, umpan sepak pojok Pirlo mampu disundul Vucinic yang tidak terkawal. Sayang, tandukannya tidak menemui sasaran.

Juventus terus menekan pertahanan Parma. Menit ke-84, umpan lambung Pirlo berhasil melepas Giaccherini dari jebakan offside yang langsung melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Beruntung Pavarini tampil gemilang dan mampu menghadang tendangan tersebut.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada gol yang tercipta dalam pertandingan tersebut. Hasil ini membuat Juventus gagal mengambil alih posisi capolista dari AC Milan, namun Juventus masih memiliki satu tabungan pertandingan melawan Bologna yang ditunda akhir pekan lalu.

Susunan pemain:

PARMA: Pavarini; Ferrario, Lucarelli, (Santacroce 77) Zaccardo; Valiani (Musacci 54), Mariga, Morrone, Modesto, Biabiany (Jonathan 68); Giovinco, Floccari.
Pelatih: Donadoni.

JUVENTUS: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, (Caceres 88) Vidal, Pirlo, Marchisio, Estigarribia (Giaccherini 58); Matri (Quagliarella 68), Vucinic.
Pelatih: Conte.

Wasit: Mazzoleni
Kartu Kuning: Zaccardo 21, Bonucci 77, Vidal 91, Quagliarella 94