Rabu, 01 Juni 2011

Conte : “Sekarang tergantung kepada saya.”

"Sekarang semuanya tergantung kepada saya.”Semangat dari Antonio Conte tidak terlihat memudar meskipun telah tujuh tahun pergi dari Juventus. Sebaliknya, Ia sangat termotivasi dengan keinginannya untuk melatih tim ini, tim dimana Ia menikmati banyak kesuksesan saat masih menjadi pemain. Dan sekarang Ia telah berada di 'kursi panas', dan tidak sabar untuk segera bekerja : "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Marotta dan klub atas kesempatan ini ," ujar Conte mengawali pengenalan resminya didepan public, "Bagi saya ini seperti kembali pulang setelah tujuh tahun meninggalkan Juventus. Saya selalu memimpikan masa ini akan tiba dan telah menjadi target tetap saya sejak saya mengawali karir kepelatihan."

Sang pelatih ini dengan tepat menggambarkan perjalanannya, ketika di awal karir kepelatihannya, Ia mengatakan bahwa dirinya akan melatih klub besar dalam beberapa tahun mendatang.

"Beberapa orang menafsirkan ini sebagai kepercayaan diri yang berlebihan, namun pada kenyataannya hal tersebut memiliki arti yang berbeda. Setelah menghabiskan waktu sekian tahun jauh dari keluarga ketika menjadi pemain, saya berniat memberikan diri saya sebuah target sebagai pelatih. Jika saya tidak dapat melatih di level tertinggi dalam periode tertentu, saya akan mendedikasikan waktu saya hanya untuk keluarga."

Ada banyak spekulasi dalam beberapa hari terakhir mengenai sistem yang dipilih oleh Conte, seperti apakah Ia akan memakai pendekatan 4-2-4 nya dengan ambisius.

"Angka-angka itu berarti sedikit saja, yang terpenting adalah prinsip dan ide-ide, yang secara alami akan berkembang sesuai dengan studi, pengalaman, dan asosiasi sehari-hari bersama pemain. Saya ingin tim ini memilikipenguasaan bola. Kami perlu dapat mengendalikan laga dan ini adalah mentalitas yang ingin saya keluarkan dari dalam diri para pemain saya. Kami perlu menjadi kompak, berusaha untuk memenangkan bola secepat mungkin, tanpa melihat ke belakang. Tujuan kami adalah kembali menjadi tim yang sulit dikalahkan. Sejarah Juve menuntut hal tersebut dan, melalui kerja keras, komitmen 100% dan sikap yang tepat kami harus dapat membawa kembali klub ini ke tempat yang seharusnya dan seperti yang diinginkan oleh para fans."

Tak pelak, pembicaraan pun beralih kepada bursa transfer, dan dimulai dari kedatangan Andrea Pirlo : “Saya selalu dapat menemukan peran bagi pemain besar. Pirlo adalah pemain internasional, yang diberkahi dengan kelas dan karisma, seperti Marchisio, yang berjiwa besar dan memiliki kualitas. Mereka adalah pemain Juventus dan saya sangat senang memiliki mereka berdua. Target di bursa transfer? Kami akan segera mengadakan pertemuan dengan Marotta, Paratici serta Nedved dan kami an kami akan mulai berbicara tentang hal itu secara lebih mendalam. Hal yang terpenting adalah menggunakan dana dengan tepat. Di sisi lain, terdapat fondasi yang sudah luar biasa dari tim ini terlepas dari musim yang belum terlalu baik, tetapi saya juga akan berfokus terhadap keinginan untuk menebus kesalahan mereka, dalam hal kepada mereka yang akan bertahan. Tidak perlu melakukan perombakan menyeluruh pada tim ini, hanya perlu untuk membuat beberapa penyesuaian.”

Fondasi dari skuad ini juga terdiri dari pemain-pemain yang telah dikenal dengan baik oleh Conte, saat sebelumnya pernah bermain bersama sebagai rekan satu tim, seperti Del Piero dan Buffon. “Mereka harus menjadi nilai tambah kepada tim dari segala sudut pandang. Mereka mewakili Juventus, mereka tahu apa arti dari kemenangan, dan terutama, mereka tahu bagaimana untuk menang.”

Conte bergabung kembali dengan Juventus yang sedang berubah, dan merencanakan masa depan, bersama dengan Stadion dan pusat latihan baru : “Ini adalah lingkungan yang terbaik bagi seorang pelatih. Semuanya tersedia dengan baik untuk melakukan yang terbaik : lapangan, pusat kebugaran, struktur dan organisasi. Dan diatas itu semua adalah proyek yang saya yakini. Saya mencintai tim ini dan warna ini, namun bagaimanapun juga jika tidak terdapat proyek yang sebesar ini saya mungkin tidak akan menerimanya. Terdapat antusiasme yang besar dan keinginan untuk membangun sesuatu yang penting. Sekarang saya berada di Juventus, saya bekerja dengan keras untuk dapat meraih target ini dan saya memperoleh kepercayaan yang besar dari setiap orang. Dan sekarang tergantung pada diri saya sendiri.”

Sumber : www.juventus.com