Minggu, 27 Februari 2011

Serie A pekan 27 : Juventus 0-2 Bologna

Juventus untuk kedua kalinya berturut-turut terjengkang. Setelah akhir pekan lalu ditundukkan Lecce, Ahad (27/2) dini hari WIB, Juve dipermalukan Bologna 0-2 di Stadio Olimpico Grande Torino. Hasil di partai pembuka Serie A giornata ke-27 ini semakin menyulitkan posisi Juve dalam meraih satu jatah tampil di Liga Champions musim depan.

Ironis bagi Juve, dua gol yang bersarang diborong Marco Di Vaio yang merupakan mantan tukang gedor mereka. Hasil ini merupakan kekalahan untuk kedelapan kalinya bagi Juve di Serie A musim ini. Kekalahan ini juga akan semakin menekan posisi pelatih Luigi Delneri.

Di paruh pertama permainan cenderung membosankan meski Juve cukup ngotot menyerang pertahanan tim tamu. Kejadian paling menarik yakni ancaman dari Vincenzo Iaquinta ketika tendangannya menerpa tiang gawang Bologna dan memantul liar di dalam kotak penalti. Selebihnya hingga turun minum skor tetap 0-0.

Delneri bereaksi dengan langsung memasukkan Luca Toni dan Alessandro Del Piero bersamaan sesudah istirahat. Menurunkan empat penyerang sekaligus, Juve menawarkan permainan menyerang frontal. Serangan Bianconeri memang lebih intens, tetapi dengan hasilnya di lapangan.

Alberto Malesani, pelatih Bologna, cukup pintar dan sepertinya sudah mengantispasi strategi koleganya di seberang. Di Vaio yang lihai dalam menghindari jabakan offside juga patut diacungi jempol sebelum melepaskan tembakan ke gawang melewati kiper Marco Storari. Skor 1-0, Bologna membungkam publik Olimpico Grande.

Juve memiliki peluang ketika tendangan bebas Del Piero kurang sempurna dimanfaatkan Leonardo Bonucci pada menit ke-65. Satu menit berselang justru Di Vaio yang untuk kedua kalinya menjebol gawang Juve. Aksi dribble Di Vaio di sisi kotak penalti tak mampu dihadang Bonucci dan Zdenek Grygera sebelum memperdayai Storari. Bologna unggul 2-0.

Bonucci dan Toni sempat memberi ancaman sebelum pertandingan usai, tapi keduanya tidak membuahkan hasil seperti yang diinginkan. Juve dengan demikian gagal mendekati zona Liga Champions. Bahkan mereka gagal menggusur AS Roma dari urutan enam atau posisi terakhir di zona Eropa. Bologna, sementara itu, mengokohkan diri di papan tengah.

Susunan pemain:

Juventus: Storari; Grygera (Pepe 69), Barzagli, Bonucci, Chiellini; Krasic, Melo, Marchisio, Martinez (Del Piero 46); Iaquinta (Toni 46), Matri.

Bologna: Viviano; Esposito (Mutarelli 30), Portanova, Britos (Cherubin 76), Rubin; Perez, Mudingayi, Casarini; Della Rocca; Meggiorini (Busce 88), Di Vaio.

Wasit : Romeo from Verona
Kartu Kuning : Mutarelli65’, Britos 72’, Pepe 86’