Senin, 21 Februari 2011

Serie A pekan 26 : Lecce 2-0 Juventus

Juventus kembali menelan kekalahan pada lanjutan kompetisi Serie A pekan 26 saat melawan Lecce di Stadion Via Del Mare, Minggu (20/2/2011). Bianconeri takluk 0-2 melalui gol yang diciptakan Djamel Mesbah dan Andrea Bertolacci. Sebelumnya, Juventus harus bermain dengan 10 orang setelah Gianluigi Buffon mendapatkan kartu merah dimenit 12 karena menyentuh bola diluar kotak penalti.

Posisi Buffon akhirnya digantikan oleh Marco Storari dengan mengorbankan Milos Krasic. Bermain dengan 10 pemain, Juventus tak sanggup menahan gempuran tuan rumah yang datang bertubi-tubi.

Lecce tampil dominan di lini tengah. Kurang sempurnya jebakan off-side yang dilakukan barisan pertahanan Juve menjadi pemicu terjadinya gol pertama bagi tuan rumah di menit ke-32. Menerima umpan panjang dari Gianni Munari, Djamel Mesbah dengan dingin berhasil mengelabui Storari. 1-0 untuk Lecce. Tuan rumah kian dominan. Di menit ke-37, tendangan Carlos Grossmueller memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti masih melebar di sisi kanan gawang Juve. Lima menit berselang, Storari melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan Mesbah.

Hanya tiga menit babak kedua berjalan, Alessandro Del Piero dkk dikejutkan oleh gol Bertolacci. Pemain debutan itu meneruskan umpan panjang Di Michele ke pojok gawang Storari. Tim berjuluk Selentini menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0.

Lecce sebenarnya juga harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-69 menyusul dikeluarkannya holding midfielder Giuseppe Vives yang mendapat kartu kuning kedua akibat tekel kerasnya terhadap Giorgio Chiellini. Namun tuan rumah masih bisa memberikan ancaman serius kepada tamunya. Tercatat pada menit ke-78, Javier Chevanton nyaris membobol gawang Storari setelah mantan kiper Sampdoria melakukan blunder di area berbahaya. Namun, striker veteran Javier Chevanton yang masuk menggantikan Di Michele membuang peluang emas. Hasratnya mencetak gol lewat aksi spektakuler, bicycle kick justru melambung jauh di atas mistar gawang. Padahal, ketika itu Chevanton berdiri bebas.

Juventus mendapatkan peluang terakhir pada menit ke-84. Free kick Del Piero di serobot dengan tandukan oleh Alessandro Matri, sayang, bola yang terlalu deras terus bergulir keluar lapangan.

Selama 90 menit, Juventus menguasai bola sebanyak 61 persen dan menciptakan satu peluang emas dari sepuluh usaha. Adapun Lecce melepaskan enam tembakan akurat dari 15 percobaan.

Susunan Pemain :

LECCE: Lecce: Antonio Rosatti; Medina Da Silva Fabiano, Stefano Ferrario, Davide Brivio, Giulio Donati; Andrea Batolacci, Gianni Munari, Giuseppe Vivies, Djamel Mesbah (Andrea Rispoli 86), Carlos Grosmuller; David Di Michele (Javier Chevanton 53)

JUVENTUS: Gianluigi Buffon; Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Frederik Sorensen (Vincenzo Iaquinta 58); Felipe Melo, Alberto Aquilani, Claudio Marchisio, Milos Krasic (Marco Storari 13); Luca Toni (Alessandro Del Piero 45), Alessandro Matri


WASIT : Silvio Mazzoleni dari Bergamo

KARTU KUNING : Vives 67’, Vives 69’

KARTU MERAH: Buffon 12’, Vives 69’