Senin, 14 Februari 2011

Serie A pekan 25 : Juventus 1-0 Inter Milan

Juventus memenangi laga big-match bertajuk Derby d'Italia menjamu Inter Milan pada giornata ke-25 di Grande Olimpico di Torino, Turin, Minggu (13/2) malam waktu setempat atau Senin (14/2) dinihari WIB. Alessandro Matri menjadi pencetak satu-satunya gol dalam kemenangan Bianconeri atas Inter Milan.

Pada babak pertama, Juventus memang sangat mendominasi penguasaan bola dan lebih konsisten dalam melepaskan tembakan. Peluang demi peluang tercipta melalui Alberto Aquilani, Luca Toni, Claudio Marchisio dan Felipe Melo. Namun, usaha Juventus masih gagal membuahkan gol akibat eksekusi yang tak sempurna atau berhasil dimentahkan oleh kiper Inter, Julio Cesar .

Pada menit 30’ kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk Juventus. Gol tercipta berawal dari pergerakan Milos Krasic menggiring bola menyusuri sisi lapangan menarik barisan pertahanan Inter, ia kemudian berbalik dan memberikan bola kepada Frederik Sorensen yang langsung melepaskan umpan first time dan diselesaikan dengan sempurna oleh Matri dengan sundulan kepalanya untuk menjebol gawang Julio Cesar.

Tertinggal 1-0 Inter langsung meresponnya melalui Esteban Cambiasso pada menit 31’. Dari tengah kotak penalti, ia menembakkan umpan dari Maicon, dan masih melenceng ke sisi kiri gawang Gianluigi Buffon.

Juventus melanjutkan tekanan mereka dan berusaha menambah gol. Meski tetap mampu menjaga soliditas lini belakang, mereka gagal menambah gol sampai peluit turun minum berbunyi.

Di babak kedua, praktis permainan dipegang tim tamu, sementara Juve hanya mengandalkan serangan balik. Ketika babak kedua berjalan empat menit sebuah peluang tercipta dari Inter. Umpan silang dari Maicon ditanduk Giampaolo Pazzini, namun Buffon mampu mengantisipasi bola yang tepat menuju ke arahnya.

Matri nyaris mencetak gol kedua. Sayang, tandukannya memanfaatkan umpan silang Milos Krasic pada menit ke-53 masih melebar. Kali ini Andrea Ranocchia yang gagal mengantisipasi bola.

Semenit kemudian, Juve kembali mengeksploitasi kelemahan Inter dalam mengantisipasi bola-bola silang. Kali ini giliran Alberto Aquilani yang mengirim bola kepada Giorgio Chiellini. Lagi-lagi, bola masih melebar. Di menit ke-66, dengan luar biasa para defender Juve mampu memblok tendangan keras Sneijder di kotak penalti.

Pada menit ke-82, Samuel Eto'o mendapat umpan matang dari Wesley Sneijder, bola cungkilan Eto’o dapat diblok Buffon yang cepat bergegas ke luar dari sarangnya guna menutup ruang tembak mantan striker Barcelona tersebut. Tapi, Buffon masih sigap mengamankan gawangnya.

Dalam sejumlah kesempatan, Inter juga terancam oleh Juventus. Pada menit ke-87 dan ke-88, Juventus menciptakan peluang melalui Matri dan Alberto Aquilani. Namun, usaha keduanya masih meleset.

Peluang terbaik Inter pada menit 89’ tetap tidak membuahkan hasil. Sodoran Maicon dari sisi kanan gagal diantisipasi Gianluigi Buffon namun tendangan Samuel Eto'o ke gawang kosong malah membentur mistar gawang. Skor 1-0 untuk Juve bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain:

JUVENTUS: Buffon, Chiellini, Felipe Melo (Sissoko 74’), Marchisio (Pepe 71’), Aquilani, Barzagli, Bonucci, Toni (Iaquinta 65’), Krasic, Matri, Sorensen.

INTER: Julio Cesar, Cordoba, Zanetti, Pazzini, Thiago Motta, Eto'o, Sneijder, Maicon, Kharja (Pandev 60’), Ranocchia, Cambiasso ( Nagatomo 72’).

Wasit: Valeri dari Roma
Kartu Kuning: Sissoko 78’, Maicon 85’, Thiago Motta 93’